Berpenyakit Langka, Gadis Ini Tak Boleh Kena Sinar Matahari

Kebanyakan orang senang berada di bawah sinar matahari. Namun, bagi Andrea Monroy, 23, matahari adalah mimpi buruk baginya.

Andrea menderita xeroderma pigmentosum (xp), cacat bawaan yang mencegah tubuhnya memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet matahari. Ini berarti bahwa dia hanya bisa meninggalkan rumah pada malam hari atau jika dia mengenakan baju besi di sekujur tubuhnya.

BACA JUGA : 

Penyakit Andrea muncul pada usia lima tahun. Pada saat itu, ada banyak bintik-bintik yang tidak biasa di tubuhnya. Setelah diperiksa, ia didiagnosis menderita XP. Penyakit langka ini hanya terjadi pada rasio 1 banding 2.000 di seluruh dunia.

Untuk melindungi anaknya, orang tua Andrea akhirnya memilih sekolah di rumah untuk anaknya dan meletakkan kain gelap di seluruh jendela rumah.

“Saya tidak bisa keluar di siang hari Ketika saya di rumah, jendela rumah ditutup oleh tirai tebal,” kata Andrea, dikutip dalam Daily Mail, Kamis, 7/07/2016.

“Aku hanya bisa keluar di malam hari, dan jika aku harus keluar di sore hari, aku memakai topi plastik khusus untuk melindunginya dari matahari, bahkan jika itu tidak benar-benar berguna.”

“Aku juga memakai sarung tangan bahan khusus, dan biasanya aku menutupi tubuhku saat aku keluar.”


Andrea telah menjalani 25 operasi untuk mengangkat sel kanker dari kulitnya. Sekarang, wanita pemberani dan berani ini memilih untuk belajar mencintai dirinya sendiri apa adanya.

“Saya pikir saya adalah satu-satunya di dunia yang menderita penyakit ini, tetapi kemudian saya bertemu banyak orang dalam kondisi yang sama.”

“Hidup itu sulit, tetapi selalu ada cara untuk melewati masa yang paling sulit, saya telah belajar untuk mencintai diri saya sendiri, saya berharap dunia akan menjadi lebih baik,” katanya. (Sul) *

Sumber : https://www.liputan6.com/citizen6/read/2406437/berpenyakit-langka-gadis-ini-tak-boleh-kena-sinar-matahari

Updated: May 31, 2019 — 9:34 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *